Senin, 01 Februari 2010

MAKALAH VISI DAN MISI PERUSAHAAN


BAB I
PENDAHULAN

1.1  Latar belakang
Druker mengatakan bahwa setiap bisnis atau perusahaan yang didirikan akan selalu dihadapkan pada pertanyaan “apa bisnis kita?, siapa pelanggan kita?, nilai tambah apa yang akan diberikan pada pelanggan?, akan menjadi apa bisnis kita?”. Pertanyaan tersebut identik dengan pertanyaan “apa misi kita?”.
Seringkali visi dan misi dipandang sebelah mata oleh beberapa orang. Kita tahu bahwa untuk membangun sebuah rumah kita memerlukan dasar yang kokoh terlebih dahulu. Agar rumah yang dibangun dapat kokoh berdiri menahan semua rintangan hujan dan badai.
Begitu  juga  dengan  perusahaan.  Untuk  membangun  sebuah  perusahaan juga  memerlukan  dasar  yang  kokoh  seperti  halnya  dalam membangun  rumah. Dasar yang sangat penting itu adalah visi dan misi. Seperti yang dipaparkan oleh Prof. Gomes dalam situsnya, ada 5 (lima) tugas utama dalam manajemen strategi, tugas pertama dalam manajemen tersebut adalah membangun vision dan mission yang strategis.

 
Dalam suatu perusahaan biasanya ada karyawan. Karyawan adalah harta karun yang harus dirawat dan dikelola secara sistematik dan profesional. perusahaan tanpa karyawan-karyawan yang hebat dan andal, pastilah akan mengalami kesulitan dalam mencapai kinerja yang diinginkan.
Dalam sebuah penelitian kecil yang dilakukan oleh Djajendra, ditemukan bahwa hampir sebagai besar karyawan tidak memahami visi, misi, dan slogan perusahaannya. Sepertinya para karyawan masa bodoh soal visi misi perusahaannya, yang mereka pikirkan hanya setiap bulan dapat bayaran yang utuh dari perusahaan. Dipertegas lagi oleh sikap para manajernya yang tidak terlalu peduli pada sikap dan pola pikir karyawannya, dan akhirnya perusahaan hanya berjalan sesuai mood dari para manajer.
Kesadaran para manajer untuk mengeksplorasi bakat, potensi, dan gairah kerja dari para karyawan sama sekali tidak ditemuhkan. Semua ini disebabkan oleh lemahnya sikap kepemimpinan, yang mana para manajer masih dalam batas kemampuan maksimalnya sebagai seorang mandor, yang belum mampu menunjukkan kualitas kompetensinya sebagai seorang pemimpin.
Secara formil semua kebijakan, prosedur, dan peraturan perusahaan menunjukkan kualitas yang sangat mengagumkan, tapi secara kultur semua kebijakan, prosedur, dan peraturan itu tidak dipedulikan, baik oleh para manajer maupun oleh para karyawan. Semua ini mengakibatkan kinerja perusahaan hanya tergantung pada faktor eksternal, yaitu bila sektor usaha tersebut sedang boming, maka kinerja akan naik pesat. Tetapi bila bisnis perusahaan sedang tidak boming, maka kinerja perusahaan turun pesat juga. Kesannya perusahaan seperti sedang menjalankan bisnis musiman, dan tidak ada upaya serius dari para manajer dan karyawan untuk memperkuat etos kerja di internal perusahaan, termasuk tidak ada upaya untuk menata sistem dan kultur perusahaannya dengan praktik-praktik perusahaan yang sehat dan baik, agar perusahaan bisa tumbuh secara sehat dan kuat.
Sikap karyawan yang masa bodoh pada visi misi perusahaan adalah sebuah beban berat buat masa depan perusahaan. Akibatnya, perusahaan tidak mungkin bisa membangun sistem dan kultur kerja yang andal untuk bisa memacu kinerja maksimal perusahaan secara konsisten. Bila sikap masa bodoh manajer dan karyawan ini terus berlangsung dalam jangka panjang, maka perusahaan sangat berpotensi kehilangan kredibilitasnya di mata para stakeholders.
Manajer dan karyawan seharusnyalah bersatupadu untuk membangun sebuah etos kerja yang penuh disiplin dan penuh perhatian pada makna yang diinginkan oleh visi dan misi perusahaannya, dan tidak bersikap masa bodoh sambil melalaikan visi dan misi yang seharusnya diperjuangkan dengan tekun dan serius dalam sebuah kolaborasi kerja yang harmonis. (http://djajendra.blog.co.uk)
Karena  seringnya  orang  salah  kaprah  dan menganggap  enteng  vision  dan mission seperti kasus diatas maka penulis mencoba mengangkat masalah ini untuk dibahas.

1.2 Rumusan masalah
1.      Apa definisi dari visi dan misi?
2.      Apa dan bagaimana visi perusahaan itu?
3.      Apa dan bagaimana misi perusahaan itu?
4.      Bagaimana karakteristik visi dan misi yang strategis?

1.3   Tujuan pembahasan
1.      Mengetahui pengertian visi dan misi perusahaan.
2.      Mengetahui dan memahami apa yang dimaksud visi perusahaan.
3.      Mengetahui dan memahami apa yang dimaksud misi perusahaan.
4.      Mengetahui karakteristik visi dan misi yang strategis.


Free Download this file


1 komentar:

erick mengatakan...

gan izin sedot.pas ni bt tugas m.strategi,mksh
smgt dan trs berkreasi,,,,,,,,,

Poskan Komentar

Ada kesalahan di dalam gadget ini