Senin, 01 Februari 2010

MAKALAH MOTIVASI MENJADI WIRAUSAHA


BAB I
PENDAHULUAN

1.1  Latar Belakang Masalah
Untuk menjadi seorang wirausaha yang SUKSES dan KAYA itu bukan bakat, dan juga tidak harus keturunan. Tapi, Sukses dan kaya itu mimpi atau visi. Mimpi yang menjadi kenyataan. Artinya, kalau kita tidak berusaha sama sekali untuk menjadi kaya, misalnya dengan jalan berwirausaha, maka mana mungkin kekayaan itu kita dapat.
Terlepas dari itu, tapi yang jelas, semua orang pasti punya mimpi. Setiap kita menjalankan bisnis apapun, sebenarnya yang kita cari bukanlah semata-mata uang atau ingin kaya. Tapi, karena adanya keinginan kita untuk mewujudkan mimpi tersebut. Sebagai konsekuensi logis atas jerih payah kita adalah kita bisa mendapatkan keuntungan atau uang, dan bisa juga aset kita yang semakin bertambah. Hal itu seiring dengan kegigihan kita di dalam menjalankan bisnis.
Jika kita sebagai seorang entreprener atau wirausahawan, yang namanya mimpi-mimpi bisnis tak akan ada habisnya. Seolah kita adalah sosok yang tak akan pernah kehabisan mimpi. Apalagi, kita termasuk entreprener yang kreatif dan inovatif. Bisnis yang satu maju pesat, bisnis yang lainnya ikut berkembang. Sementara, bisnis yang lainnya lagi ikut bermunculan. Sehingga, tak terasa atau bagaikan sebuah mimpi, ternyata bisnis kita semakin banyak. Aset yang kita miliki juga semakin bertambah.



Kalau bisnis kita semakin maju, tentu akan ada percepatan dalam penambahan aset. Bukan tak mungkin, kita akan semakin pintar memutar bisnis kita, bahkan mampu mendatangkan dana dari luar yang nantinya juga akan menjadi aset kita,itu semua berjalan seiring dengan mimpi atau visi kita sebagai entreprener.
Katakanlah, yang semula kita dalam menjalankan bisnis, hanyalah bermodal dengkul, tapi karena kita punya mimpi ingin jadi pengusaha sukses, ingin punya bisnis yang berkembang, dan ingin menciptakan lapangan kerja, maka tak mustahil mimpi itu akhirnya akan menjadi kenyataan.Dulunya, kita masih kontrak rumah untuk bisnis, kini sudah punya kantor sendiri. Kalau dulu, kita naik sepeda motor untuk menjalankan bisnis, kini sudah punya mobil sendiri, bahkan lebih dari satu mobil. Dan, seterusnya seiring dengan mimpi kita, maka kekayaan itu pun akan menyertai kita. Tentunya, mimpi itu akan terwujud jika jiwa entreprener melekat pada diri kita. Pendeknya, tanpa jiwa entreprener mimpi itu tak mungkin terwujud. Kekayaan itu tak mungkin kita dapat.
Oleh karena itulah, saya kira jika kita ingin menjadi entreprener sukses, maka kita harus pandai-pandai merealisir mimpi kita sendiri. Percayalah, di saat mimpi kita jadi kenyataan, maka akan muncul mimpi-mimpi baru. Dari satu mimpi ke-mimpi berikutnya. Dari satu bisnis berkembang ke-bisnis berikutnya. Ibaratnya, putaran bola salju, kalau semakin cepat putarannya semakin besar bolanya. Anda berani mimpi?.
Entrepreneur itu sosok yang seharusnya tidak takut dengan mimpi.Apalagi mimpi itu tidak perlu biaya. Tetapi, masalahnya adalah belum tentu semua orang punya keberanian bermimpi. Sehingga tidak berlebihan kalau untuk bermimpi pun membutuhkan sebuaah keberanian.Hal ini bisa terjadi karena kita terkadang masih terpaku pada mitos-mitos yang tengah mentradisi di kalangan masyarakat luas. Misalnya, ada mitos yang mengatakan bahwa kalau kita mau sukses, kita harus punya gelar sarjana. Padahal kenyataannya, cukup banyak orang yang sukses tanpa menyandang gelar sarjana.
Banyak pengusaha yang memulai usahanya dengan mengembangkan mimpi-mimpinya dari modal nol.Kita lihat saja bagaimana Bill Gates yang bermimpi, bahwa Personal Computer akan tersedia di setiap microsoftnya. Ternyata ia berhasil, sehingga ia kini menjadi salah satu orang terkaya di dunia.Begitu pula Michael Dell, impiannya juga menakjlubkan, ia ingin mengalahkan perusahaan raksasa computer terbesar IBM. Akhirnya, ia juga berhasil menjadi orang pertama yang memasarkan computer denngan strategi direct marketing. Usahanya yang dirintis tahun 1984 berhasil, penjualan Dell Computer sangat laris. Bahkan dalam usia 34 tahun, ia menjadi salah satu orang terkaya di Amerika Serikat.Contoh lagi adalah Jeff Bezos. Mimpinya untuk jadi pengusaha sukses di dunia perdagangan melalui internet.Meski baru tahun 1995 yaitu di saat berumur 30 tahun, ia memberanikan diri masuk ke dunia maya. Ia mendirikan Amazon.com yang merupakan salah satu situs yang paling dikunjungi orang, untuk mendapatkan informasi atau membeli buku-buku bermutu dari seluruh dunia.Mimpinya akhirnya terwujud juga. Dan kini ia juga tercatat sebagai miliarder di negeri Paman Sam itu.
Dalam konteks inilah, kita sebagai entrepreneur memang harus memiliki keberanian bermimpi. Kita harus punya keyakinan, bahwa rejeki itu akhirnya mengikuti mimpi kita.Rejeki itu berbanding lurus dengan mimpi kita.Sebagai pemimpin,entrepreneur harus mempuyai ilmu "obor". Artinya harus dapat menerangi sekelilingnya.Entrepreneur dengan visi besar adalah bagi bawahannya.Entrepreneur dengan visi besar akan dapat menciptakan lingkungan kerja yang dinamis dan penuh motivasi.Maka untuk membahasa lebih lanjut,dalam makalah ini diberi judul ”MOTIVASI MENJADI WIRAUSAHA”

1.2 Rumusan Masalah              
Untuk memberikan uraian dari penjelasan makalah ini, maka diperlukan adanya perumusan masalah yang gunanya untuk membatasi pembahasan agar tidak menyimpang jauh dari topik yang telah ditentukan.
Dalam makalah ini telah dirumuskan yaitu:
1.      Bagaimana Mengalahkan Mitos untuk menjadi seorang wirausahawa?
2.      Bagaimana Mengubah Pola Pikir untuk menjadi seorang wirasusaha?
3.      Bagaimana Motivasi Berprestasi bagi seorang wirausaha?
4.      Bagaimana Memanfaatkan Kekuatan Piiran Bawah Sadar Seseorang?
5.      Apa saja Nilai  Hakiki Kewirausahaan?
6.      Sikap dan Kepribadiaan Kewirausahaan model proses kewirausahaan?

1.3 Tujuan
Adapun tujuan dari makalah ini yaitu:
  1. Untuk mengetahui bagaimana cara Mengalahkan Mitos untuk menjadi seorang wirausahawa
  2. Untuk mengetahui bagaimana Mengubah Pola Pikir untuk menjadi seorang wirausahawa
  3.  Untuk mengetahui bagaimana wirausaha memotivasi dirinya untuk berprestasi
  4. Untuk memanfaatkan kekuatan pikiran bawah sadar
  5. Untuk mengetahui Nilai-nilai hakiki Kewirausahaan
  6. Untuk mengetahui Sikap dan Kepribadian Kewirausahaan model proses kewirausahaan


Free Download this file

0 komentar:

Poskan Komentar

Ada kesalahan di dalam gadget ini