Senin, 01 Februari 2010

MSDM - Makalah Program Orientasi dan Penempatan


BAB I
PENDAHULUAN

A Latar Belakang Masalah
            Ketika memulai pekerjaan baru banyak para karyawan yang merasa gugup ketika pertama kali bekerja. Kegugupan hari pertama ini dasarnya bersifat alamiah. namun hal itu dapat mengurangi kepuasan karyawan baru dan kemampuan untuk belajar kerja jika manajer SDM tidak mengantisipasinya lebih dini. Para psikolog mengatakan bahwa kesan awal pertama adalah begitu kuatnya dan wajar wajar saja karena karyawan baru masih memiliki sesuatu yang sedikit, seperti pengetahuan, dan pengalaman kerja serta untuk melakukan penilaian diri. Hal ini sangat tergantung pada keinginan kuat karyawan untuk mengetahui segala sesuatu tentang perusahaan. untuk membantu karyawan menjadi anggota yang puas dan produktif, manajer dan departemen SDM harus membuat kesan awal tersebut menjadi sesuatu yang menyenangkan para karyawan baru, jadi jangan menimbulkan kesan bahwa yang paling membutuhkan di perusahaan adalah karyawan dan perusahaan.


Sekali proses seleksi telah diputuskan, para manajer dan departemen SDM hendaknya membantu karyawan baru tersebut untuk merasa cocok dengan lingkungannya. Mengapa? karena sejak hari pertama, pendatang baru sudah masuk ke proses Investasi SDM. Mereka perlu disiapkan sejak awal agar nantinya mampu melakukan sesuatu tugas yang dibebankan perusahaan kepada mereka dengan baik. untuk membantu pendatang baru agar mereka merasa cocok, program orientasi dan sosialisasi akan membuat mereka familiar antara lain dengan peran peranya, perusahaan, kebijakan kebijakan dankaryawan lainnya.
           
B. Rumusan Masalah
Program orientasi pada pegawai perlu dilakukan untuk karyawan baru. selain itu kami juga membahas tetntang penempatan kerja. Adapun beberapa rumusan masalah yang kami bahas yaitu :
1.      Apa arti dari orientasi karyawan dan tujuan orientasi karyawan?
2.      Apa arti dari penempatan kerja?
3.      Faktor apa saja yang mempengaruhi penempatan kerja?

C. Tujuan Pembahasan
Adapun beberapa tujuan pembahasan masalah ini adalah:
1.      Mengetahui arti dari orientasi karyawan dan tujuan orientasi karyawan.
2.      Mengetahui artidari penempatan kerja.
3.      Mengetahui apa saja faktor yang mempengaruhi penempatan kerja.



Free Download this file

0 komentar:

Poskan Komentar

Ada kesalahan di dalam gadget ini