Senin, 01 Februari 2010

TEKNOLOGI DAN FUNGSI WIRASWASTA atau WIRAUSAHA


BAB I
PENDAHULUAN
A.    Latar Belakang Masalah
Setelah kita lihat pentingnya akumulasi kapital serta sumber-sumber alam dan manusia bagi pembangunan ekonomi, maka kita akan segera mendapat gambaran bagaimana peranan dari perubahan-perubahan teknologi itu. Seperti dikatakan oleh Schumpeter bahwa perkembangan yang lambat dan terus-menerus dalam tersedianya alat-alat produksi dan tabungan merupakan faktor yang penting didalam menguraikan sejarah perekonomian. Tetapi sebenarnya pertumbuhan perekonomian itu terutama terdiri dari pengerjaan sumber-sumber alam yang ada dengan cara yang berbeda-beda.
Jadi teknologi yang pengaruhnya terlihat melalui perubah­an-perubahan fungsi produksi, dapat dianggap sebagai faktor pro­duksi yang lain. Ini menyebabkan perlunya mengadakan investasi dimana penerapannya akan tergantung pada kegiatan ekonomi yang ada. Mesin uang misalnya, telah diketahui lama sebelum digunakan dalam kapal uang maupun kereta api. Jelas ada dua peranan yang nampak di sini yaitu: menemukan dan menerapkannya. Meskipun keduanya ini dapat dilakukan oleh seorang saja tapi tindakannya tetap berbeda. Kedua perbuatan inilah yang akan dibicarakan selanjutnya. Dalam proses perkembangannya, ke­duanya akan dibedakan dalam pembicaraan di bawah judul tekno­logi dan pengetrapannya oleh wiraswasta.




Kedua hal tersebut adalah salah satu unsur untuk membeda­kan antara negara-negara yang sudah maju dengan negara-negara yang relatif kurang maju. Dalam negara yang relatif telah maju perbedaan atau jarak antara kemungkinan-kemungkinan teknologi dan praktek-praktek kaum pengusaha jauh lebih sedikit daripada di negara-negara yang kurang maju. Jadi perbedaan antara investasi dengan inovasi di negara-negara sedang berkembang lebih banyak daripada di negara yang telah berkembang. Misalnya tingkat teknik di negara maju telah mampu membuat atom dan ternyata mereka di negara tersebut sudah mempraktekkannya. Se­dangkan kalau di negara sedang berkembang celah ini masih lebar, yaitu meskipun tingkat teknologi sudah tinggi - atom - tetapi mempraktekkannya/melaksanakannya sebagai faktor produksi belum mampu. Jadi pembangunan ekonomi di negara-negara yang relatif kurang maju maupun yang telah maju akan lebih banyak tergantung pada penerapan teknologi ataupun pengetahuan yang ada. Karena itu setelah dibicarakan mengenai teknologi dan per­kembangannya, selanjutnya akan dibicarakan juga persoalan mengenai fungsi dan bakat-bakat wiraswasta pada makalah ini.

A.    Rumusan Masalah
1.                     Apa pengertian teknologi ?
2.                     Bagaimana penyebaran teknologi?
3.                     Apa fungsi wiraswasta?
4.                     Apa saja tipe-tipe semangat wiraswasta?
5.                     Apa saja macam-macam inovasi?
6.                     Apa saja motif-motif inovasi?
7.                     Bagaimana cara efesiensi inovasi?
8.                     Bagaimana wiraswasta dapat terbentuk?
9.                     Apa hubungan sosial yang ada diantara para wiraswasta?
10.   Bagaimana cara menambah jumlah wiraswasta?

B.     Tujuan Pembahasan
1. Mengetahui pengertian dari teknologi
2. Mengetahui penyebaran teknologi yang terjadi
3. Mengetahui fungsi wiraswasta
4. Mengetahui tipe-tipe semangat wiraswasta
5. Mengetahui macam-macam inovasi
6. Mengetahui motif-motif inovasi
7. Mengetahui cara efesiensi inovasi
8. Mengetahui cara membentuk wiraswasta
9. Mengetahui hubungan sosial yang ada antara para wiraswasta
10.   Mengetahui cara menambah jumlah wiraswasta

Download this file

1 komentar:

Anonim mengatakan...

minta soal donk

Poskan Komentar

Ada kesalahan di dalam gadget ini