Sabtu, 13 Februari 2010

MAKALAH STRATEGI PEMBELAJARAN - KETERAMPILAN PENGELOLAAN KELAS


BAB I
PENDAHULUAN

1.      Latar belakang masalah
Kegiatan belajar mengajar yang melahirkan interaksi unsur-unsur manusiawi adalah suatu proses dalam mencapai tujuan pengajaran.
Dalam mencapai tujuan pengajara maka diperlukan interaksi antara pendidik dengan anak didknya. Pendidik berusaha mengatru lingkungan belajar bagi anak didik
Untuk itu bagi pendidik diperlukan pemilihan strategi dan metode  mengajar yang tepat sehingga tercapai tujuan pengajaran secara efektif dan efesien dalamproses belajar mengajar.



Pengelolaan kelas merupakan salah satu keterampilan penting yang harus dikuasai guru. Pengelolaan kelas berbeda dengan pengelolaan pembelajaran. Pengelolaan pembelajaran lebih menekankan pada kegiatan perencanaan, pelaksanaan, evaluasi dan tindak lanjut dalam suatu pembelajaran. Sedangkan pengelolaan kelas lebih berkaitan dengan upaya-upaya untuk menciptakan dan mempertahankan kondisi yang optimal bagi terjadinya proses belajar (pembinaan rapport, penghentian perilaku peserta didik yang menyelewengkan perhatian kelas, pemberian ganjaran, penyelesaian tugas oleh peserta didik secara tepat waktu, penetapan norma kelompok yang produktif), didalamnya mencakup pengaturan orang (peserta didik) dan fasilitas
Sekolah adalah tempat belajar bagi siswa, dan tugas guru adalah sebagian besar terjadi dalam kelas adalah membelajarkan siswa dengan menyediakan kondisi belajar yang optimal. Yang berhubungan dengan minat, kehendak, percakapan, kegiatan-kegiatn mereka sekaligus berhubungan dengan sarana dan prasarana pengajaran yang digunakan dalam PBM.

1.      Rumusan Masalah
a.       Apakah Hakekat Pengelolaan Kelas?
b.      Apa pentingnya kedudukan metode dalam proses belajar mengajar?
c.       Apa saja Masalah yang dihadapi dalam pengelolaan kelas.?
d.      Apa pentingnya pemilihan  dan penentuan metode dan apa factor yang mempengaruhinya?
e.       Macam-macam metode mengajar, kelebihan dan kekurangan dari metode mengajar tersebut.
f.       Macam macam pendekatan dalam pengelolaan kelas?
g.      Bagaimanakah Tekhnik Pengaplikasian Ketrampilan Mengelola Kelas?
2.      Tujuan Penulisan
a.       Untuk mengetahui hakekat dari pengelolaan kelas..
b.      untuk mengetahui pentingnya kedudukan metode dalam mengajar
c.       untuk mengetahui pentingnya pemilihan dan penentuan metode serta factor-faktor yang mempengaruhinya.
d.      agar  kita bias mebedakan masing-masing metode pengajaran dan dapat menentukan metode pengajaran yang tepat untuk dicapai.
e.       agar kita biasa pendekatan dalam metode pendekatan dalam kelas.
f.       Untuk mengetahui teknik pengaplikasiaan keterampilan mengelola kelas


Free Download this file

3 komentar:

Cream Pemutih Ketiak Dan Selangkangan mengatakan...

postingan yang bagus dan menarik untuk di baca... saya suka mengunjungi blog ini

didiet heru prasetya mengatakan...

mas ground,,, nitip yah....
http://didietelektronika.blogspot.com
tokoonlineblitar.blogspot.com
didietheruprasetya.wordpress.com

Yunita Maharani mengatakan...

thx utk informasinya gan, smg bermanfaat utk yg sedang membutuhkan..
mampir jg di mari y gan,smg terhibur
===================
si-bohay.blogspot.com
===================

Poskan Komentar

Ada kesalahan di dalam gadget ini