Senin, 01 Februari 2010

MAKALAH ANALISA PESAING


BAB I
LATAR BELAKANG

  1. Pengantar judul
Kelihatannya mengidentifkasi pesaing adalah tugas perusahan yang sederhana, Coca- Cola  tahu bahwa Pepsi Cola adalah pesaing utamanya, dan Sony  tahu bahwa Matshushita  adalah pesaing utamanya. Namun  cakupan pesaing  actual dan potensial perusahaan  sebenarnya  jauh  lebih  luas. Perusahaan  lebih mungkin  untuk  dikalahkan oleh  pesaingnya  yang  baru  muncul  atau  oleh  teknologi  baru,  dibandingkan  oleh pesaingnya saat ini.
Berikut  contoh  :  Bersama  –  sama  dengan  pabrikan  deterjen  lain,  Unilever mencemaskan  riset  yang  sedang  dilakukan  atas  mesin  cuci  ultrasonik.  Jika  disempurnakan, mesin  ini akan mencuci pakaian dalam air yang mengandung sedikit  atau tanpa diterjen. Sejauh ini, mesin tersebut hanya dapat mencuci kotoran dan jenis  kain  tertentu. Bagi bisnis diterjen, ancaman apakah yang  lebih besar daripada mesin cuci ultrasonik?.
Di  pasar  kita  dapat  membedakan  empat  tingkat  persaingan  berdasarkan  tingkat substitusi produk :
1.  Persaingan  merek  :  terjadi  apabila  suatu  perusahaan  para  pesaingnya  adalah perusahaan  lain  yang menawarkan  produk  dan  jasa  yang  serupa  pada  pelanggan yang sama dengan harga yang sama.
2.  Persaingan  industri  :  terjadi  apabila  suatu  perusahaan  menganggap  para pesaingnya  adalah  semua  perusahaan  yang  membuat  produk  atau  kelas  produk yang sama.
3.  Persaingan  bentuk  :  terjadi  apabila  suatu  perusahaan  yang  menganggap  para pesaingnya  adalah  semua  perusahaan  yang  memproduksi  produk  yang memberikan jasa yang sama.
4.  Persaingan generik : terjadi apabila suatu perusahaan menggangap para pesaingnya adalah semua perusahaan yang bersaing untuk mendapatkan uang konsumen yang sama.

Dalam dunia bisnis persaingan pasti ada, entah itu bersaing dengan sehat ataupun persaingan yang tidak sehat. Banyak pengusaha yang menganggap bahwa pesaing adalah sebagai musuh, tapi menurut penulis pesaing adalah mitra karena dengan adanya pesaing maka prodak yang dihasilkan suatu perusahaan menjadi lebih baik. Hal ini disebabkan karena antara perusahaan yang satu dengan yang lain, berlomba-lomba membuat produk yang berkualitas sehingga tidak kalah dengan perusahaan lain yang pada akhirnya akan menarik perhatian costemer untuk membeli produk tersebut.
Menghadapi pesaing bukanlah hal yang mudah, perusahaan harus mengetahui kondisi pesaing baik dalam ataupun luarnya agar perusahaan dapat membuat strategi untuk menghadapi pesaing tersebut. Oleh karena itu, maka disusunlah makalah yang berjudul “ Analisis Pesaing”.

     B.Tujuan
Adapun tujuan dari penyusunan makalah ini adalah :
  1. Memahami arti perubahan karena perubahan itu perlu.
  2. Mengetahui arti dari pesaing.
  3. Dapat mengidentifikasikan pesaing.
  4. Dapat menentukan sasaran yang diinginkan pesaing sehingga dapat membuat strategi untuk menghadapinya.
  5. Dapat mengidentifikasikan strategi ynag dibuat pesaing.
  6. Mampu menganalisis kekuatan dan kelemahan pesaing.
  7. Mampu mengidentifikasikan reaksi pesaing.
  8. Mampu merencanakan srategi apa yagn harus dibuat untuk menghadapi pesaing.

0 komentar:

Posting Komentar