Senin, 01 Februari 2010

Bagaimana Organisasi Memanfaatkan Sistem Informasi Manajemen (SIM)


BAB I
PENDAHULUAN

A.    Latar Belakang
Kedudukan Sistem Informasi Manajemen (SIM) dalam pelaksanaan di perusahaan menempati posisi yang signifikan dan strategis mengingat fungsi utamanya yang akan mengelola seluruh data/informasi perkembangan maupun hasil-hasil pelaksanaan kegiatan di perusahaan. Melalui SIM dalam perusahaan, diharapkan akan menjadi sarana yang efektif untuk memonitoring dan mengevaluasi pelaksanaan serta hasil kegiatan secara keseluruhan. Pada akhirnya, akurasi data serta informasi yang dihasilkan dari SIM tersebut diharapkan dapat menjadi bahan pertimbangan bagi pengambilan kebijakan dan keputusan stakeholders perusahaan dalam rangka perbaikan dan upaya penyempurnaan kinerja perusahaan. Tingkat validitas dan realibilitas SIM pada perusahaan sangat bergantung kepada penerapan manajemen data di semua tingkatan pelaku, oleh karena itu untuk menjamin agar pengelolaan manajemen data di semua tingkatan termonitor dengan baik diperlukan sumber daya yang cakap di dalamnya.

Meningkatkan kinerja perusahaan sehingga sepadan dengan investasi yang ditanam, sementara di pihak lain harus dapat mengatasi permasalahan pertumbuhan teknologi yang teramat sangat cepat. Lepas dari permasalahan itu semua, telah disepakati bahwa strategi sistem informasi harus sejalan atau dengan strategi perusahaan. sehingga segala keputusan yang dapat meningkatkan value bagi perusahaan dapat di putuskan dengan cepat, tepat dan aman. Bagi perusahaan modern, memiliki strategi bisnis saja tidak cukup untuk menghadapi persaingan dewasa ini. Strategi bisnis yang biasa dituangkan dalam dokumen atau cetak biru Business Plan harus pula dilengkapi dengan strategi teknologi informasi atau I/T Strategy. Tujuannya jelas, yaitu untuk memanfaatkan secara optimum penggunaan teknologi informasi sebagai komponen utama sistem informasi perusahaan (sistem yang terdiri dari komponen-komponen untuk melakukan pengolahan data dan pengiriman informasi hasil pengolahan ke fungsi-fungsi organisasi terkait). Mengapa strategi perlu dibuat? Pertama adalah karena sumber daya yang dimiliki perusahaan sangat terbatas, sehingga harus digunakan seoptimal mungkin. Kedua untuk meningkatkan daya saing atau kinerja perusahaan, karena para kompetitor memiliki sumber daya teknologi yang sama. Alasan ketiga adalah untuk memastikan bahwa asset teknologi informasi dapat dimanfaatkan secara langsung maupun tidak langsung meningkatkan profitabilitas perusahaan, baik berupa peningkatan pendapatan atau revenue maupun pengurangan biaya-biaya atau costs. Keempat adalah untuk mencegah terjadinya kelebihan investasi (over investment) atau kekurangan investasi (under investment) di bidang teknologi informasi. Dan alasan terakhir adalah untuk menjamin bahwa teknologi informasi yang direncanakan dan dikembangkan benar-benar menjawab kebutuhan bisnis perusahaan akan informasi. Dari sedikit uraian diatas maka penulis memilih judul ”Bagaimana Organisasi Memanfaatkan Sistem Informasi Manajemen”. Penulis ingin membahas masalah tersebut dengan karena pada dasarnya organisasi membutuhkan sistem informasi agar tujuan dan kepentingan organisasi dapat tercapai. Agar sistem informasi dapat berhasil, maka kita harus mengenali organisasi dan berupaya mencari bentuk sistem informasi yang paling sesuai. (http://groups.yahoo.com)

A.    Rumusan Masalah
  1. Apa yang dimaksud SIM dan Organisasi?
  2. Bagaimana hubungan Organisasi dengan Sistem Informasi?
  3. Apa saja jenis Sistem Informasi dalam Organisasi?
  4. Bagaimana  Organisasi mempengaruhi Sistem Informasi
  5. Bagaimana Organisasi memanfaatkan Sistem Informasi Manajemen?
  6. Apa saja manfaat SIM dalam bisnis?
  7. Bagaimana aplikasi sistem informasi di fungsi-fungsi Organisasi?
  8. Bagaimana aplikasi sistem informasi di level-level organisasi?

B.     Tujuan
1.      Untuk mengetahui Pengertian SIM dan Organisasi.
2.      Untuk mengetahui hubungan Organisasi dengan Sistem Informasi
3.      Untuk mengetahui Jenis Sistem Informasi Dalam Organisasi
4.      Untuk Mengrtahui Bagaimana Organisasi mempengaruhi Sistem Informasi
5.      Untuk Mengetahui Organisasi Memanfaatkan Sistem Informasi Manajemen.
6.      Untuk mengetahui manfaat SIM dalam bisnis
7.      Untuk Mengetahui Aplikasi Sistem Informasi di Fungsi-Fungsi Organisasi
8.      Untuk Mengetahui aplikasi sistem informasi di level-level organisasi.


Free Download this file

3 komentar:

ADWIRMAN mengatakan...

Perusahaan yang memanfaatkan sistem Informasi akan memiliki daya saing dan peningkatan citra perusahaan. sehingga akan memberikan keuntungan jangka pendek dan keuntungan jangka panjang berupa loyalitas pelangan. jadi penerapan SI penting bagi perusahaan yang ingin berkompetisi dalam dunia usaha saat ini, karena tidak hanya produk yang bermutu yang diingikan konsumen, akan tetapi pelayanan dan harga yang meurah, semua dapat dicapai jika penerapan SI dilakukan secara optimal

Anonim mengatakan...

mana daftar isi nya

dna mengatakan...

aseeekk, ternyata punya blog to,,... wkwkwk

Poskan Komentar

Ada kesalahan di dalam gadget ini